bahan kulit, bahan sepatu kulit jim joker

Macam-macam Kualitas Bahan Kulit, Biar Ngga Salah Pilih!

bahan kulit, bahan sepatu kulit jim joker

Tahukah kamu bahwa semua brand sepatu yang mengklaim menggunakan “kulit asli” belum tentu memiliki kualitas yang sama? Faktanya, setiap jenis dan lapisan kulit yang digunakan serta cara pemrosesan yang berbeda, mampu menghasilkan kulitas kulit yang beragam. Namun sayangnya sekarang banyak yang mengklaim menggunakan kulit asli. Padahal tidak jarang bahan yang digunakan adalah kulit sintetis atau faux leather.

Tentu saja kamu tidak ingin salah pilih dengan mengenakan sepatu berbahan kulit abal-abal. Selain mampu merusak kelas dan cita rasa fashion mu, bahan kulit sintetis juga tidak awet atau mudah retak. Oleh karena itu, Jim Joker akan berbagi pengetahuan tentang kualitas bahan kulit, agar kamu bisa tampil ganteng dengan sepatu kulit kualitas terbaik.

 

Kualitas Kulit

Sumber: https://images.storychief.com/account_5346/the_different_parts_of_the_leather_material_1024x1024_a3456836d4b87208fd19f01198fbbd47_800.jpg 

 

Bahan Kulit Full Grain

Kualitas kulit Full Grain adalah yang terbaik. Bagian ini diambil dari lapisan paling luar kulit hewan yang tepat berada di bawah rambut. Kulit Full Grain tidak mengalami proses pengamplasan dan penghalusan sehingga tekstur alami yang ada di permukaan kulit masih terlihat dengan jelas. Namun itu lah yang membuat kulit ini jadi lebih berkarakter dan memiliki harga yang tinggi.

Kulit Full Grain memiliki lapisan yang tebal dan kencang yang terdiri dari bagian Grain dan Corium secara utuh. Tekstur tersebut membuat kulit ini memiliki durability yang sangat baik serta lebih tahan terhadap kelembaban. Selain itu kulit Full Grain bisa memunculkan patina yang unik seiring berjalannya waktu. 

Patina sendiri adalah perubahan warna pada lapisan kulit yang terjadi seiring waktu. Motif dan warna dari patina yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kulit.

 

Bahan Kulit Top Grain

Kulit Top Grain pada dasarnya hampir mirip dengan Full Grain namun mengalami proses pengamplasan ringan dan mencukur tipis beberapa bagian untuk menghilangkan beberapa goresan di permukaan kulit. Kulit ini masih mempertahankan karakteristik seperti Full Grain namun karena proses penghalusan maka menjadi lebih tipis.

Kualitas Top Grain menghasilkan kulit yang lebih tipis dan lebih seragam secara penampakan serta memiliki permukaan yang halus. Bisa dibilang kulit Top Grain merupakan bahan yang tetap berkualitas sangat baik namun lebih mudah untuk dibentuk menjadi beragam item fashion. Kulit ini mampu bertahan dengan baik dari noda, namun kurang dalam hal breathability dan menciptakan patina.

 

Bahan Kulit Corrected Leather

Kualitas kulit terbaik berikutnya adalah Corrected Leather. Seperti namanya, Corrected Leather mengalami prose ‘koreksi’ untuk menyamarkan goresan agar terlihat lebih seragam dan halus. Kulit jenis ini akan mengalami berbagai macam proses mulai dari pengamplasan, pewarnaan hingga pelapisan kulit. Hal tersebut dilakukan karena terkadang bagian kulit memiliki goresan dan ‘cacat’ sehingga perlu dilakukan penyempurnaan.
Hasil akhir dari kulit sepatu ini terlihat clean dan sempurna namun membuat karakteristik natural dari kulit menjadi tidak terlihat. Walaupun demikian, setiap jenis kulit memiliki penggemarnya sendiri, ada yang menyukai goresan asli seperti Full Leather ada pula yang menyukai tampilan clean dan sempurna seperti Corrected Leather. Sepatu kulit jenis ini tetap memberikan kualitas terbaik dengan harga yang lebih terjangkau.
Kulit ini biasanya sering disebut sebagai Genuine Leather atau kulit asli. Di sini biasanya mulai terjadi banyak penafsiran. Tidak jarang industri sepatu juga menyebut kulit sintetis atau abal-abal sebagai kulit asli. Padahal Corrected Leather ini masih berasal dari kulit hewan asli yang mengalami proses penyempurnaan. Sedangkan kulit sintetis berasal dari bahan yang bukan berasal dari kulit hewan.

 

Split Leather

Split Leather dihasilkan dari membelah bagian Top Grain dengan menyisakan bagian Grain. Proses pembelahan kulit ini dilakukan karena terkadang ‘cacat’ atau noda di permukaan kulit yang susah untuk diamplas. Split Leather juga dilakukan agar mempermudah proses pembentukan kulit untuk diproses menjadi berbagai item fashion.

 

Pilih yang Pasti Asli

Buat kamu para gentleman tentu ingin memberikan yang terbaik untuk penampilan diri sendiri. Oleh karena itu, Jim Joker terus berusaha memberikan yang terbaik, dengan menyediakan sepatu berbahan kulit asli terbaik dengan berbagai model yang berkelas dan kekinian. Buat para gentleman, langsung saja pilih yang pasti asli dari sepatu kulit Jim Joker.

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing

Voir 2ZA

Regular Price
Rp 404.000,00
Sale Price
Rp 404.000,00
Regular Price
Rp 999.000,00
Unit Price
Translation missing: en.general.accessibility.unit_price_separator 
Shop Now

Hoya 2ZR

Regular Price
Rp 404.000,00
Sale Price
Rp 404.000,00
Regular Price
Rp 999.000,00
Unit Price
Translation missing: en.general.accessibility.unit_price_separator 
Shop this product