sepatu kulit casual, sepatu kulit asli, sepatu kulit jim joker, jim joker

3 Cara Memilih Sepatu Kulit Tahan Lama

sepatu kulit casual, sepatu kulit asli, sepatu kulit jim joker, jim joker

Ada satu investasi yang penting untuk dilakukan seorang gentleman: sepasang sepatu kulit berkualitas dan tahan lama. Kenapa harus sepatu kulit? Well, dari moccasin maupun oxford, sepatu kulit dinilai versatile, stylish, dan charming untuk dipadukan dengan business attire maupun busana formal ke acara-acara penting.

Tapi, bagaimana cara menentukan sepatu kulit terbaik dari sekian banyak brand di pasaran? Poin apa yang menentukan kualitas dan durabilitas sepatu? Di artikel kali ini, Jim Joker akan memberikan rangkaian kriteria untuk membantu memilih sepatu yang akan meningkatkan profesionalisme dan kepercayaan dirimu!

Cek jenis kulit yang dipakai

 

sepatu kulit casual, sepatu kulit asli, sepatu kulit jim joker, jim joker

 

Kalau kamu sering mendengar istilah seperti Nubuck, Suede, Full Grain Leather bersanding dengan nama sepatu, itu adalah indikasi bahan kulit yang digunakan pada bagian upper pada sepatu. Beda tekstur, beda pengolahan, jadi beda juga look yang dihasilkan. Pada dasarnya, semakin simpel dan sleek bahannya, semakin formal juga sepatunya. Ini kategori bahan kulit yang bisa kamu cek di sepatu incaranmu:

  • Smooth leather

Jenis inilah yang paling sering diaplikasikan di sepatu formal, karena teksturnya yang licin dan mengkilap. Karena kulit asli dari hewan punya warna yang tidak rata sempurna, ini yang menjadi indikasi apakah sepatu pantofelmu asli atau tidak. 

Kulit yang warnanya kurang konsisten biasanya dikoreksi dan diberi bahan kimia, ini yang dinamakan Corrected Grain Leather, sehingga licin, kilatnya kurang natural, dan agak “gerah”. Sedangkan, Full Grain Leather adalah tipe kulit yang tidak dikoreksi akan menghasilkan patina alami—ini adalah komponen mahal yang hanya dimiliki bahan kulit berkualitas. 

  • Suede

Bahan kulit ini kebalikan dari Smooth Leather, karena yang digunakan adalah bagian dalam kulit hewan, sehingga menghasilkan tekstur yang berbulu halus. Suede lebih banyak diaplikasikan pada sepatu casual atau semi-formal karena look-nya yang lebih muted, meski sepatu berbahan suede berkualitas akan terlihat sangat berkarakter. Nubuck adalah varian suede yang dibuat dengan mengamplas kulit full-grain untuk menghasilkan tekstur suede.

Pahami konstruksi sepatu

 

sepatu kulit casual, sepatu kulit asli, sepatu kulit jim joker, jim joker

 

Selanjutnya, yang membedakan kualitas sepatu juga adalah cara penyusunannya. Sepatu yang hanya di-lem tentu kalah awet dengan sepatu yang dijahit rapi. Look yang dihasilkan juga beda. Nah, ada tiga jenis konstruksi sepatu yang perlu kamu tahu:

  • Goodyear welting

Konstruksi ini menggunakan lapisan kulit (leather welt) yang dijahit ke upper dan sol sepatu. Fungsinya, leather welt ini akan menyesuaikan dengan kakimu seiring pemakaian sepatu. Ini yang membuat sepatu kulit akan lebih tahan lama. 

  • Blake stitching

Kalau yang ini, bagian upper langsung dijahit ke sol sepatu, sehingga lebih sleek dibanding Goodyear welting yang agak bulky. Kekurangannya, sepatu jadi lebih sulit dimaintenance dan air lebih mudah masuk ke dalam sepatu. 

  • Cementing

Cementing (lem) adalah teknik konstruksi yang paling mudah dan murah dibanding dua teknik sebelumnya yang menggunakan jahitan. Tentu saja, jadi kurang awet karena lem akan mengering dan sol akan mudah copot. Biasanya, sepatu yang hanya dilem ini akan diberi dekorasi jahitan agar menyerupai Goodyear dan Blake. Jadi, perhatikan konstruksi sepatumu dengan jeli ya!

Lihat outsole apa yang digunakan

 

sepatu kulit casual, sepatu kulit asli, sepatu kulit jim joker, jim joker

 

Sepatu kulit formal yang asli kebanyakan juga menggunakan outsole bermaterial Leather yang sleek dan estetik, sehingga sangat cocok dipakai di konteks profesional. Namun bahan kulit untuk outsole punya beberapa kelemahan, seperti mudah menyerap air dan licin, sehingga kurang durable untuk dipakai dalam jangka waktu lama.

 

Seiring berkembangnya jaman, untuk tetap menjaga estetika dress shoes, material Rubber dipakai dengan beberapa penyesuaian sehingga menyerupai kulit, tapi dengan durabilitas karet yang bisa diandalkan. Rubber outsole yang paling terkenal adalah Dainite. Outsole Jim Joker sendiri dibuat dengan material Rubber teknologi terkini yang membuat dress shoes Jim Joker tetap estetis, nyaman, serta tahan lama.

 

Nah, setelah memahami bahan dan teknik yang mendefinisikan sepatu kulit formal berkualitas, kamu hanya perlu memastikan dress shoes seperti apa yang pas untuk kamu pakai bekerja dan acara-acara penting lainnya. Ingat, warna hitam dan sepatu bertali lebih formal dari warna coklat dan slip-on. Kalau sudah siap untuk browsing sepatu, cek Jim Joker yang punya berbagai sepatu kulit berkualitas untuk outfit santai hingga formal, terjamin sejak 1980 jadi brand lokal karya anak bangsa yang inovatif, berkualitas tinggi, dengan harga bersaing. Yuk kita lihat produknya!



Sumber: Effortless Gent dan Fitinline

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing

Voir 2ZA

Regular Price
Rp 414.000,00
Sale Price
Rp 414.000,00
Regular Price
Rp 999.000,00
Unit Price
Translation missing: en.general.accessibility.unit_price_separator 
Shop Now

Hoya 2ZR

Regular Price
Rp 414.000,00
Sale Price
Rp 414.000,00
Regular Price
Rp 999.000,00
Unit Price
Translation missing: en.general.accessibility.unit_price_separator 
Shop this product